Kumpulan Artikel Kesehatan, Berita Kesehatan, Tips Kesehatan, dan Informasi tentang Penyakit, serta Cara Mengatasinya

Thursday, March 27, 2014

Cara Mengatasi dan Penyebab Penyakit Asam Urat

Cara Mengatasi dan Penyebab Penyakit Asam Urat - Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang penyakit asam urat dan bagaimana cara mengatasinya. Apakah penyakit asam urat itu?


Cara Mengatasi dan Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat disebut sebagai penyakit gout. Asam urat terjadi akibat penumpukan asam urat di dalam tubuh yang berlebihan. Pada dasarnya penyakit asam urat merupakan bentuk dari gangguan metabolisme purin. Zat purin adalah salah satu zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh mahluk hidup. Purin diolah tubuh kita menjadi asam urat, tapi apabila kadarnya berlebihan maka ginjal tidak dapat mengeluarkan, sehingga membentuk kristal asam urat menumpuk di persendian tubuh. Akibatnya sendi pada tubuh terasa nyeri bengkak dan meradang. Biasanya asam urat hanya menyerang pada usia lanjut karena adanya penumpukan bahan purin ini.

Penyakit asam urat dibagi menjadi dua macam, yaitu primer dan sekundar. Pembagian ini didasarkan pada faktor penyebab. Penyebab primer dari penyakit asam urat yang berasal dari dalam tubuh itu sendiri sedangkan penyebab sekunder berasal dari luar tubuh.


Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab asam urat primer


Faktor keturunan atau genetik

Penyakit asam urat dapat disebabkan karena faktor genetik atau turunan. Faktor keturunan memang sangat sulit untuk mengatasinya. Bahkan hampir dipastikan seseorang tersebut tidak dapat merubah potensi genetik karena dia sudah bersifat turunan.

Faktor ketidak seimbangan hormon
Ketidakseimbangan hormon dapat mempengaruhi sistem kerja yang terjadi dalam tubuh. Sistem kerja sel, jaringan sel, organ maupun sistem kelenjar dalam tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan faktor ketidakseimbangan hormon akan mempengaruhi proses terjadinya pembentukan purin dalam tubuh baik dapat menjadi meningkat melebihi yang dibutuhkan atau menurun oleh tubuh.

Faktor ketidak seimbangan hormon dipengaruhi antara lain:
1. Pola hidup yang tidak teratur
2. Radikal bebas

Cara mengatasi asam urat akibat faktor ketidak seimbangan hormon
1. Selalu berfikir positif (positive thinking)
2. Mengendalikan emosi dan menghindari segala konflik
3. Terapkan pola hidup yang sehat dan teratur
4. Seimbangkan masa beraktivitas dan masa istirahat
5. Lakukan pengeluaran racun dalam tubuh atau melakukan detoxifikasi


Penyebab asam urat sekunder


Konsumsi makanan yang mengandung purin tinggiMengkonsumsi makanan yang tinggi purin merupakan Penyebab Penyakit Asam Urat terjadinya penyakit asam urat.Makanan mengandung kadar purin dalam kadar tinggi :Alkohol, Melinjo, Jamur, Kacang-kacangan, Kerang, Kalkun, Bebek, Es krim, Daging kambing, Sarden, Udang, dan Kepiting

Cara Mengatasi Asam Urat

Cara Mengatasi Asam Urat

Adapun tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi ataupun menyembuhkan asam urat adalah sebagai berikut :

Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, pisang dan sebagainyaPerbanyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, singkong, ubi.
Kurangi asupan gula, permen, arum manis, dan makanan yang manis-manis lainnya.
Jangan terlalu sering mengkonsumsi aspirin (terdapat pada obat sakit kepala) jika sakit kepala.
Hindari beraktivitas yang terlalu keras sehingga mengakibatkan kelelahan
Untuk yang berat badan tinggi biasanya kadar asam urat cepat meningkat tapi pengeluaran asam urat sedikit, menurunkan berat badan bisa menjadi salah solusinya diantaranya dengan rajin melakukan olahraga ataupun puasa.

Baca Juga :
Menu Makanan Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Itulah Cara Mengatasi Asam Urat dan penyebabnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Cara Mengatasi dan Penyebab Penyakit Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

31 comments:

  1. ramuan tradisional untuk obat asam urat adalah obat yang banyak dicari oleh wanita, dan pria yang berumur di atas 30 tahun, karena banyak yang terkena penyakit asam urat. bahkan sekarang di bawah umur 30 tahun sudah terkena asam urat akut. jika penyakit sudah parah akan mengakibatkan persendian tidak bisa bergerak. tetapi anda tidak usah khawatir, karena sekarang sudah muncul obat untuk asam urat herbal tradisional berkhasiat tinggi. obat asam urat yang alami ampuh dari dulu tradisional ini adalah salah satu obat herbal asam urat dan kolesterol menahun tradisional berkhasiat tinggi, dan obat asam urat herbal tradisional terbaik alami ampuh dari dulu. tidak hanya bisa dijadikan untuk obat asam urat dan testimoni penderita asam urat, tetapi bisa juga mengobati kolesterol tinggi.
    jika anda mencari obat untuk mengobati asam urat dan kolesterol tinggi, disini tempatnya menjual cari obat untuk mengobati asam urat paling ampuh. sedikit bahasan tentang jual herbal obat untuk penyakit asam urat, obat untuk mengobati asam urat tanpa zat kimia ini adalah obat untuk penyakit asam urat terbaik tanpa zat kimia. jika anda sudah bosan dengan obat kimia, jangan khawatir karena ini adalah obat tradisional untuk penyakit asam urat akut tanpa zat kimia. produk kami menjual obat asam urat kualitas terjamin terbaik. banyak yang sudah menggunakan info tentang obat untuk penyakit asam urat dan memberikan testimoni yang positif.

    ReplyDelete
  2. Kanker ovarium yakni tipe kanker yg dimulai di ovarium. Tanda-tanda Kanker Ovarium Yang Wajib Diketahui Wanita
    Coba buat mengecek sektor pangkal paha, dibawah dagu, ketiak & groin Kamu. Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Wajib Diketahui
    Limfoma yakni kanker yg muncul dalam system limfatik yg menghubungkan kelenjar getah bening noda atau semua badan. Gejala Penyakit Limfoma Yang Harus Anda Diketahui
    Tanda-tanda paling umum kanker tulang di tulang belakang yakni rasa sakit di leher atau punggung. Ciri-ciri Penyakit Kanker Tulang Yang Wajib Diketahui
    Kanker rahim, umumnya berjalan kepada perempuan yg mempunyai mangalami saat menopause. Gejala Kanker Rahim Yang Harus Diwaspadai Wanita

    ReplyDelete
  3. Obat Kanker Rahim Herbal QNC Jelly Gamat Terima kasih semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Obat Kanker Rahim Herbal QNC Jelly Gamat Terima kasih semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. Obat Miom Paling Mujarab Tanpa Operasi

    Kami memiliki solusi alami dan tepat tanpa efek samping untuk membantu mengobati keluhan sakit yang miom yang Anda derita. Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu menghasilkan khasiat yang luar biasa untuk membantu mengatasi miom hingga tuntas.

    ReplyDelete
  6. Obat Miom Paling Mujarab Tanpa Operasi

    Kami memiliki solusi alami dan tepat tanpa efek samping untuk membantu mengobati keluhan sakit yang miom yang Anda derita. Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu menghasilkan khasiat yang luar biasa untuk membantu mengatasi miom hingga tuntas.

    ReplyDelete
  7. Jika sudah melakukan tips Pantangan Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal tetapi tetap saja tidak membaik, maka kami sarankan untuk melakukan pengobatan alami

    ReplyDelete

  8. Terimakasih atas informasinya, semoga bermanfaat. !!

    OBAT ASAM URAT

    ReplyDelete