Kumpulan Artikel Kesehatan, Berita Kesehatan, Tips Kesehatan, dan Informasi tentang Penyakit, serta Cara Mengatasinya

Tuesday, February 4, 2014

Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur - Cara Mengatasi Insomnia atau yang lebih dikenal dengan susah tidur. Susah tidur atau insomnia adalah salah satu penyakit yang sangat menganggu. Insomnia adalah suatu penyakit dimana seseorang tersebut mengalami susah tidur karena suatu hal. Susah tidur atau insomnia sering kali disebabkan karena masalah psikologis atau sedang mengalami suatu penyakit tertentu.
Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Banyak sekali penderita insomnia di dunia ini tergantung pada sebuah obat seperti obat tidur dan obat  penenang lainnya untuk bisa beristirahat dengan nyaman. Semua obat tidur atau obat penenang tersebut memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis tertentu berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tidur atau obat penenang tersebut.

Insomnia bukan suatu penyakit layaknya penyakit-penyakit pada umumnya, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab tertentu, misalnya pemakaian obat-obat tertentu, kelainan fisik, maupun kelainan emosional. Orang yang pola tidurnya tidak teratur dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya untuk tidur dan bangun pada saatnya waktu tidur. Hal tersebut sering terjadi karena :
  • Sering berpergian jauh
  • Sering begadang/lembur/kerja pada malam hari
  • Efek samping obat
  • Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan
  • Sering berubah-ubah jam kerja
  • Kerusakan pada obat, seperti stroke


Berikut adalah

Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur :


Berolahraga Secara Teratur
Dengan berolahraga secara teratur dapat membantu mengatasi masalah tidur, seperti halnya insomnia. Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari terlebih jika bisa olahraga setelah bangun tidur seperti jogging, bersepada, dan sebagainya. Olahraga tidak hanya bisa mengatasi masalah tidur saja, dengan olahraga kesehatan tubuh Anda bisa optimal dan dapat mengatasi penyakit-penyakit tertentu, seperti stres.

Jangan Memaksakan untuk Tetap Tidur
Tidur itu dilakukan dengan mudah dan alami.  Jangan pernah memaksakan diri anda untuk tetap tidur, karena apabila anda memaksakannya Anda akan cemas dan akhirnya tidak bisa tidur.

Mengikuti Pola Tidur Alami
Anda boleh tidur pada siang hari, tetapi jangan terlalu lama. Hal ini dimaksudkan karena Anda bisa kembali susah tidur pada malam harinya. Cobalah untuk tetap ikuti aturan tidur alami, yaitu tubuh akan mulai tertidur pada malam hari dan bangun pada pagi hari.

Jauhi kafein
Jauhi unutk mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein seperti kopi, minuman ringan (soda), muniman penambah energi. Kafein membuat Anda menjadi susah tidur dan sangat susah sekali untuk menghilangkan efek kafein.

Tidur lebih awal
Tidurlah 30 menit lebih awal, ini dikarenakan Anda agar bisa lebih tidur. Lebih baik untuk membaca buku sebelum tidur agar Anda cepat mengantuk.

Kondisi Tempat Tidur yang Nyaman
Kondisi tempat tidur sangat mempengaruhi tidur Anda. Tempat tidur yang kotor atau berantakan juga dapat membuat anda tertidur namun, Anda akan terbangun tak lama kemudian karena risih akan tempat tidur Andam jagalah kebersihan tempat tidur anda, tidak perlu isi AC yang penting anda nyaman.

Itulah ke-6 tips Cara Mengatasi Susah Tidur atau insomnia. Lakukan tips-tips tersebut dengan benar dan sekian terima kasih.

Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment