Kumpulan Artikel Kesehatan, Berita Kesehatan, Tips Kesehatan, dan Informasi tentang Penyakit, serta Cara Mengatasinya

Thursday, May 22, 2014

Makanan dan Buah yang Mengandung Kalsium

Makanan dan Buah yang Mengandung Kalsium - Kalsium atau Ca merupakan salah satu Makro Mineral. Makro Mineral merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh lebih dari 100mg per hari. Fungsi Kalsium yang paling utama adalah berperan penting dalam proses pembentukan tulang dan juga pertumbuhan gigi. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terganggu dan dapat terkena osteoporosis.

makanan yang mengandung kalsium

Banyak orang yang mengenal saat ini bahwa susu adalah salah satu sumber kalsium tertinggi. Bukan hanya susu saja yang memiliki kalsium yang tinggi, makanan seperti sayuran hijau, ikan sarden, kacang almond dan yang lainnya.

Setelah umur 20 tahun, tubuh kita akan mulai kekurangan kalsium sebanyak 1% tiap tahunnya. Apabila setelah umur 50 tahun, jumlah kandungan kalsium yang terdapat dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%. Kehilangan kalsium akan mencapai 50% ketika tubuh manusia mencapai umur 70 tahun dan seterusnya akan mengalami masalah kekurangan kalsium.

Gejala awal seseorang mengalami kekurangan kalsium adalah lesu, banyak keringat, sering merasa gelisah, sesak napas, menurunnya imunitas tubuh, menurunnya nafsu makan, sembelit, berak-berak, insomnia atau susah tidur, kram, dan sebagainya. Berikut adalah makanan dan buah yang memiliki kalsium yang tinggi.
Berikut

Makanan dan Buah yang Mengandung Kalsium

Makanan yang Mengandung Kalsium

Sarden
Olahan ikan laut yang satu ini dapat memenuhi kebutuhan kalsium hingga 33%. Mengkonsumsi ikan sarden setidaknya 1 minggu sekali.

Keju
Keju merupakan salah satu makanan yang menggunakan bahan dasar susu. Pilihlah keju yang memiliki kadar kalsium yang tinggi. Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar susu yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Yoghurt
Yoghurt juga merupakan susu yang telah difermentasi oleh bakteri Lactobacilus Bulgaris. Yoghurt merupakan makanan yang memiliki kandungan yang tinggi kalsium, karena yoghurt juga berbahan dasar susu seperti keju yang sudah pasti memiliki sebagian kandungan gizi susu.

Kacang kedelai
Kacang kedelai juga mengandung kalsium yang tinggi. Secangkir kacang kedelai direbus dengan tanpa dicampuri garam, maka akan menghasilkan kandungan sebesar 261 mg kalsium. Selain itu, olahan dari kacang kedelai yaitu susu kedelai yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Lobak
Sayuran yang sering dimasak dalam sayur sop ini juga memliki kandungan kalsium yang  tinggi sekitar 200 mg / batangnya. Memakan sayur sop yang sudah dicampur dengan lobak selain Anda sudah memenuhi kebutuhan vitamin A juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium

Buah yang Mengandung Kalsium

Jeruk
Jeruk selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga mengandung 60mg kalsium

Pisang
Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang hamper semua tempat di Indonesia terdapat pisang. Pisang kaya akan kandungan mineral yang di dalamnya seperti kalium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium.

Itulah 7 Makanan dan Buah yang Mengandung Kalsium dari blog Berita Kesehatan Terbaru

Makanan dan Buah yang Mengandung Kalsium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment